FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

T: Apakah Aplikasi ‘punyarumah’?
J: ‘punyarumah’ adalah layanan aplikasi mobile untuk aktivitas non-finansial terkait pencarian rumah dan pengajuan kredit pemilikan properti, di mana aplikasi harus diunduh terlebih dahulu menggunakan perangkat telepon pintar yang disertai minimal teknologi GPS (Global Positioning System), accelerometer, kamera, dan didukung koneksi GPRS/3G/4G/WiFi.
   
T: Di mana saya bisa mengunduh Aplikasi ‘punyarumah’?
J: Aplikasi ‘punyarumah’ bisa diunduh melalui play store untuk pengguna telepon pintar berbasis android, atau melalui app store untuk pengguna telepon pintar berbasis iOS.
   
T: Apakah persyaratan sistem/perangkat yang diperlukan agar dapat menggunakan Aplikasi ‘punyarumah’?
J:
  1. Telepon pintar dengan Sistem operasi yang harus memenuhi salah satu kriteria berikut:
    • Android (versi OS 5.0 ke atas) atau
    • iOS/iPhone (versi OS 8 ke atas)
  2. Hardware wajib yang harus terpenuhi di telepon pintar Anda adalah:
    • GPS (Global Positioning System)
    • Accelerometer/memiliki fitur Compass
    • Kamera
  3. Pastikan Anda telah berlangganan paket data yang disediakan oleh masing-masing provider telekomunikasi ataupun terkoneksi ke internet (via jaringan GPRS/3G/4G/WiFi) ketika mengunduh aplikasi, menjalankan, dan melakukan proses registrasi-aktivasi pada Aplikasi ‘punyarumah’.
   
T: Apakah Aplikasi ‘punyarumah’ diperuntukkan bagi umum?
J: Ya. Aplikasi ‘punyarumah’ adalah aplikasi tidak berbayar (gratis) dan dapat dipergunakan bebas oleh umum. Namun beberapa fitur mewajibkan pengguna melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya.
   
T: Apa saja fitur dalam Aplikasi ‘punyarumah’?
J: Fitur Aplikasi ‘punyarumah’ yang dapat digunakan sebagai berikut:
  1. Pengguna tanpa melakukan registrasi:
    1. CARI PROPERTI menggunakan Augmented Reality, adalah fitur pencarian properti yang sedang dijual cukup dengan mengarahkan kamera telepon pintar di sekeliling kita.
    2. HITUNG ANGSURAN KPR dengan Dynamic Calculator, adalah fitur menghitung angsuran cukup menggunakan satu jari (menggunakan slider).
    3. CEK ELIGIBILITAS, adalah fitur untuk memberikan perhitungan kemampuan angsuran berdasarkan data penghasilan.
    4. INFORMASI KPR, adalah informasi terkini seputar produk KPR MNC Bank.
    5. BERITA PROPERTI, adalah informasi terkait properti atau tips & trik seputar rumah.
  2. Pengguna dengan melakukan registrasi:
    1. Menghubungi agen properti
    2. BUAT JANJI, adalah fitur untuk membuat janji antara calon nasabah dengan Account Officer KPR MNC Bank.
    3. APLIKASI KPR, adalah fitur untuk pengajuan KPR MNC Bank secara daring dengan cara yang sangat mudah.
    4. KPR SAYA, terbagi 2 (dua) yaitu:
      1. PENGAJUAN KPR untuk memantau perkembangan status aplikasi yang sudah diajukan secara real-time.
      2. PEMBAYARAN KPR, adalah fitur untuk nasabah existing KPR MNC Bank di mana terdapat rincian status plafon pengajuan, jumlah tunggakan, tanggal pembayaran, suku bunga, sisa pinjaman, serta record tanggal pembayaran terakhir.
   
T: Bagaimana cara melakukan registrasi di Aplikasi ‘punyarumah’?
J: Registrasi sangat mudah dan gratis, cukup melakukan langkah-langkah sebagai berikut pada Aplikasi ‘punyarumah’:
  1. Klik icon ‘menu’ pada halaman utama[ ](di kiri atas), kemudian klik ‘MASUK/DAFTAR’,
  2. Halaman akan berganti dengan halaman registrasi. Klik ‘Bukan Anggota? Daftar gratis di sini’ pada bagian bawah,
  3. Masukkan Nama Lengkap, Alamat Email, Password yang diinginkan, Nomor Telepon, dan Tanggal Lahir, kemudian klik ‘DAFTAR’,
  4. Anda akan menerima Kode Aktivasi via SMS,
  5. Masukkan kode aktivasi pada kolom yang tersedia, lalu klik ‘AKTIFKAN’.

Pengguna harus memastikan bahwa nomor telepon yang digunakan adalah nomor yang aktif dan dapat menerima SMS karena kode aktivasi akan dikirim ke pengguna melalui SMS.
T: Bagaimana jika Saya lupa password, apakah Saya harus menghubungi Call Center?
J: Tidak. Anda cukup masuk ke halaman login kemudian klik ‘LUPA KATA SANDI’, lalu masukkan email yang pernah didaftarkan, dan klik ‘KIRIM PERMINTAAN’.

Kode untuk me-reset password akan dikirim via SMS, kemudian Anda dapat membuat passcode yang baru.

 

T: Bagaimana Saya dapat mencari properti dijual melalui Aplikasi ‘punyarumah’?
J: Mencari properti dijual melalui Aplikasi ‘punyarumah’ dapat dilakukan melalui 3 (tiga) cara:
  1. Menggunakan fitur Augmented Reality
  2. Menggunakan fitur peta
  3. Menggunakan fitur search

 

T: Apa itu Augmented Reality? Bagaimana cara penggunaannya?
J: Fitur Augmented Reality atau AR merupakan fitur pencarian properti dijual yang ada di sekitar kita dengan menggunakan kamera telepon pintar. Untuk menggunakannya dapat melakukan langkah berikut:
  1. Pilih/klik icon ‘kamera’ [ ] pada halaman utama (di kanan atas),
  2. Layar akan menampilkan mode kamera. Arahkan telepon pintar ke arah yang diinginkan untuk mencari properti yang tersedia di arah tersebut melalui kamera telepon pintar,
  3. Pilih/klik pada box properti yang diinginkan untuk melihat detil properti tersebut.
Tidak seluruh telepon pintar dapat menggunakan fitur Augmented Reality. Apabila telepon pintar Anda tidak didukung fitur ini maka Aplikasi ‘punyarumah’ akan menampilkan pesan bahwa telepon pintar tidak mendukung fitur Augmented Reality.

 

Fitur Augmented Reality membutuhkan beberapa waktu untuk set-up. Tunggu sampai gambar peta pada halaman utama menampilkan lokasi pengguna sebelum memilih/klik icon ‘kamera’.

 

T: Saya sudah klik icon ‘Kamera’ namun fitur Augmented Reality tidak bisa berfungsi, bagaimana?
J: Fitur Augmented Reality membutuhkan beberapa waktu untuk set-up. Tunggu sampai gambar peta pada halaman utama menampilkan lokasi pengguna sebelum memilih/klik icon ‘kamera’. Jika gambar peta pada halaman utama belum berubah menunjukkan lokasi pengguna, maka jaringan internet yang digunakan mungkin sangat lemah atau tidak terdapat jaringan internet/WiFi.

 

Tidak seluruh telepon pintar dapat menggunakan fitur Augmented Reality. Apabila telepon pintar Anda tidak didukung fitur ini maka Aplikasi ‘punyarumah’ akan menampilkan pesan bahwa telepon pintar tidak mendukung fitur Augmented Reality.

 

T: Bagaimana cara menggunakan fitur peta untuk mencari properti dijual?

 

J: Pada halaman utama, isi lokasi properti yang diinginkan pada kotak cari properti dibagian atas layar, lalu klik ‘search’ [ ]
Halaman akan berganti ke halaman peta dan menunjukkan lokasi yang dicari beserta properti dijual di lokasi tersebut.

Pilih salah satu icon properti [ ] yang ingin dilihat untuk mengetahui detil properti tersebut.

 

T: Apabila saya berminat terhadap properti dijual, bagaimana cara saya menghubungi agen propertinya?
J: Anda dapat menghubungi agen properti dengan memilih kontak agen pada halaman detil properti. Tersedia beberapa pilihan cara untuk menghubungi agen properti.

 

T: Apakah Saya bisa mendapatkan perkiraan cicilan untuk KPR?
J: Bisa, dengan menggunakan Kalkulator KPR/Kalkulator KPR Muda. Anda dapat memilih fitur HITUNG ANGSURAN pada halaman utama untuk menggunakan menu kalkulator.

 

T: Apa perbedaan Kalkulator KPR dengan Kalkulator KPR Muda?

 

J: - Kalkulator KPR adalah kalkulator standar yang digunakan untuk melakukan simulasi angsuran KPR.
       - Kalkulator KPR Muda adalah kalkulator khusus yang diperuntukan bagi produk KPR Muda MNC Bank di mana simulasi angsuran sudah disesuaikan dengan produk KPR Muda.

 

T: Apa yang dimaksud dengan "Cek Eligibilitas"?
J: Cek Eligibilitas adalah kalkulator untuk melakukan simulasi kemampuan Anda membayar.

 

T: Bagaimana caranya jika Saya ingin bertanya lebih lanjut mengenai KPR?
J: Jika Anda sudah melakukan registrasi di Aplikasi ‘punyarumah’, dapat menggunakan fitur BUAT JANJI untuk mendapatkan penjelasan lebih detil dari Account Officer KPR MNC Bank melalui telepon, atau bertemu langsung sesuai waktu dan tempat yang diinginkan.

 

T: Bagaimana cara mengajukan permohonan KPR MNC Bank?
J: Jika Anda sudah melakukan registrasi di Aplikasi ‘punyarumah’, dapat melakukan permohonan KPR melalui Aplikasi ‘punyarumah’. Anda dapat memilih fitur KPR SAYA, kemudian memilih BUAT PENGAJUAN KPR BARU.

 

Anda wajib mengisi seluruh kolom yang tersedia dan melakukan upload KTP.

 

T: Mengapa Saya harus meng-upload KTP Saya?
J: KTP digunakan untuk verifikasi awal dan memperoleh persetujuan prinsip. Tanpa KTP, MNC Bank tidak dapat melakukan proses persetujuan prinsip.

 

T: Apakah untuk mengajukan permohonan KPR melalui Aplikasi ‘punyarumah’ cukup dengan mengisi aplikasi yang tersedia di Aplikasi ‘punyarumah’ dan meng-upload KTP?
J: Ya untuk proses awal. Jika Anda sudah mendapatkan persetujuan prinsip, maka Account Officer KPR MNC Bank akan menghubungi Anda untuk menjelaskan proses selanjutnya serta menginformasikan dokumen apa saja yang dibutuhkan.

 

T: Apakah Saya bisa memonitor proses KPR Saya melalui Aplikasi ‘punyarumah’?
J: Bisa. Anda yang mengajukan permohonan KPR melalui Aplikasi ‘punyarumah’ dapat memonitor proses aplikasinya. Anda dapat memilih fitur KPR SAYA pada halaman utama. Aplikasi KPR yang diajukan akan terlihat pada halaman Pengajuan KPR. Untuk melihat lebih detil pengajuan Anda, dapat memilih/klik pada permohonan tersebut.

 

T: Saya mengajukan permohonan KPR tidak melalui Aplikasi ‘punyarumah’, tetapi langsung melalui Account Officer KPR MNC Bank. Apakah Saya bisa memonitor proses KPR Saya melalui Aplikasi ‘punyarumah’?

 

J: Bisa. Anda dapat melakukan salah satu cara berikut:
  1. Menghubungi Account Officer KPR MNC Bank tersebut untuk meminta menghubungkan permohonan KPR Anda dengan Aplikasi ‘punyarumah’.
  2. Menghubungi admin Aplikasi ‘punyarumah’ melalui email punyarumah@mncbank.co.id untuk meminta menghubungkan permohonan KPR Anda dengan Aplikasi ‘punyarumah’.

 

T: Saya sudah memiliki KPR di MNC Bank, apakah Saya dapat mengetahui status KPR Saya melalui Aplikasi ‘punyarumah’?
J: Jika Anda sudah memiliki KPR di MNC Bank, Anda dapat melihat status KPR seperti plafon, sisa pinjaman, angsuran KPR, dan tanggal pembayaran berikutnya.

 

Anda dapat memilih fitur KPR SAYA pada halaman utama kemudian memilih fitur PEMBAYARAN KPR di kanan atas layar. Rekening KPR yang tersedia akan terlihat pada halaman Pembayaran KPR. Untuk melihat lebih detil rekening KPR, pilih/klik pada rekening tersebut.

 

T: Mengapa pada menu Pembayaran KPR tidak ada rekening KPR milik Saya?
J: Untuk memunculkan rekening KPR Anda, Anda harus lebih dulu menghubungi admin Aplikasi ‘punyarumah’ melalui email punyarumah@mncbank.co.id untuk minta menghubungkan rekening KPR Anda dengan Aplikasi ‘punyarumah’.

 

    mudapunyarumah
© Copyright 2017 | punyarumah. PT Bank MNC Internasional, Tbk. terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. All rights reserved
Scroll